Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023

www.mastiokdr.com | Surat Edaran Nomor 2093/B.B1 Tentang Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Halo Sobat, berjumpa lagi ya di Channel yang sama, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Surat Edaran Nomor 2093/B.B1 Tentang Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengeluarkan surat edaran nomor 2093/B.B1/DV.06.03/2023 tanggal 26 April 2023 tentang Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Adapun isi dari edaran tersebut adalah sebagai berikut : 

Yth.
1.   Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;
2.   Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
di seluruh Indonesia

Dalam rangka mendukung perluasan dan peningkatan kegiatan kolaborasi serta penyediaan media peningkatan kompetensi bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) secara terstruktur melalui moda daring, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Layanan yang disediakan di PMM adalah ruang untuk berbagi praktik baik atau karya kepada rekan sejawat dan komunitas pendidik di  Indonesia  yang terhubung di platform dengan memungkinkan  adanya  proses  refleksi  dan  umpan  balik,  serta  layanan  untuk  mengikuti pelatihan melalui produk Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh fasilitator atau narasumber dari Kemendikbudristek maupun lembaga penyelenggara pelatihan lainnya.
  2. Karya dan praktik baik yang ada di PMM dapat diunggah dalam bentuk RPP/Modul Ajar (Perangkat Ajar), Foto, Artikel (PDF), Video, dan Ide Praktik. Karya yang dibagikan dapat membantu GTK dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun dalam meningkatkan kompetensi profesi sebagai guru serta dapat menjadi bagian dari gambaran kinerja, kompetensi, bahkan prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi sebagai guru ataupun kepala sekolah agar dapat saling berbagi dengan rekan sejawat.
  3. Pelatihan daring yang dapat diikuti melalui PMM antara lain pelatihan dari berbagai program prioritas  Kemendikbudristek, seperti  Program  Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), PPG Prajabatan, PPG Dalam Jabatan, Seri Guru Belajar, dan diklat-diklat teknis lainnya, serta pelatihan dari lembaga penyelenggara pelatihan dan mitra lainnya. 
  4. Layanan  Ayo  Guru  Berbagi  (AGB)  yang  telah  dikembangkan  sebelum  PMM  akan diintegrasikan menjadi satu platform, dengan PMM sebagai platform utamanya. Karya GTK yang telah masuk di AGB dapat diunggah ke bukti karya PMM paling lambat akhir Juni 2023.
  5. Kegiatan sosialisasi terkait dengan pemanfaatan PMM akan dilaksanakan selama bulan Mei hingga Juni 2023, terkait :

    a. Langkah memindahkan karya dari AGB ke PMM untuk mitra, Guru Penggerak dan Guru SMK.
    b. Gambaran umum langkah mengakses fitur LMS di PMM dan lini masa pemanfaatan LMS PMM untuk program prioritas mulai Juli 2023.
  6. Kami mohon perkenan Saudara untuk meneruskan informasi ini kepada guru dan tenaga kependidikan di jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di daerah masing-masing sesuai kewenangan.

Untuk informasi selengkapnya terkait dengan Surat Edaran Nomor 2093/B.B1 Tentang Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023 dapat kalian unduh disini : Link Download

Demikian informasi tentang Surat Edaran Nomor 2093/B.B1 Tentang Pemberitahuan Platform Merdeka Mengajar bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya, Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *