Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat Pada PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK! Yuk Cek Berapa Nilai Indeks Sekolahmu!

www.mastiokdr.com | Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat Pada PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK! Yuk Cek Berapa Nilai Indeks Sekolahmu!

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Halo Sobat, berjumpa lagi ya di Channel yang sama, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi terbaru terkait dengan Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat Pada PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK! Yuk Cek Berapa Nilai Indeks Sekolahmu!

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 188.4/985/101.7.1/2023 tanggal 10 Februari 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Dan Sekolah Luar Biasa Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2023/2024, dalam tahun 2023 ini ada hal baru dalam proses pendaftaran siswa baru pada Jalur Prestasi Nilai Akademik Jenjang SMA/SMK. Hal baru itu karena adanya perubahan dalam menentukan Nilai Akhir (NA) pada Jalur Prestasi Nilai Akademik Jenjang SMA/SMK yaitu :

  1. Nilai Akhir merupakan gabungan Rerata Nilai Rapor dengan bobot 50% (lima puluh persen),
  2. Nilai Akreditasi SMP/sederajat asal dengan bobot 20% (dua puluh persen), dan
  3. Indeks Sekolah asal dengan bobot 30% (tiga puluh persen).

Bagaimana menentukan Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal ?

Dalam Juknis PPDB Jatim Tahun Pelajaran 2023/2024 kususnya pada halaman 29-30) dijelaskan mengenai Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal yang mana dalam juknis tersebut disebutkan bahwa Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Dalam menentukan  Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal yang dimaksud dalam Juknis tersebut diperoleh berdasarkan :

  1. Rerata dari rerata nilai rapor semua mata pelajaran seluruh peserta didik dari 1 (satu) SMP/Sederajat asal di :
  2. Kelas X (Semester 1),
  3. Kelas XI (semester 1 ,2, dan 3), dan
  4. Kelas XII (semester 1, 2, 3, 4, dan 5) di SMA Negeri dan/atau SMK Negeri se-Jawa Timur

Dalam menentukan Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sudah membuat sebuah aplikasi yang disebut dengan ANiSA.

ANiSA adalah kepanjangan dari Aplikasi Nilai Sekolah Asal. ANiSA Jatim merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh TIKP Disdik Jatim untuk mengolah nilai dalam menentukan indeks sekolah SMP/sederajat asal. Lalu bagaimana cara melihat nilai Indeks Sekolah Kita? Berikut ini caranya/

Cara Melihat Indeks Sekolah SMP/Sederajat asal Untuk PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK

  1. Kunjungi Laman : https://ppdbjatim.net
  2. Pilih Menu Informasi
  3. Pilih Menu Nilai Indeks dan Akreditasi Sekolah
  4. Masukkan NPSN Sekolah kalian, panduan cek disini : Klik Disini
  5. Jika NPSN sekolah anda benar, maka akan ditampilkan Data Antara lain : NPSN, Nama Sekolah, Kota Sekolah, Nilai Indeks, dan Nilai Akreditasi. Untuk tampilannya seperti dibawah ini : 

Gambar : Nilai Indeks Sekolah

Untuk informasi selengkapnya terkait dengan Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat Pada PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK! Yuk Cek Berapa Nilai Indeks Sekolahmu! dapat kalian lihat disini : Lihat Disini

Demikian informasi tentang Cara Melihat Nilai Indeks Sekolah SMP/Sederajat Pada PPDB Jatim 2023 Jenjang SMA/SMK! Yuk Cek Berapa Nilai Indeks Sekolahmu! yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya, Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *